Jumat, 25 Mei 2018

Apa sih Dapodikmas itu ???

Sumber : http://dapodik-paud.blogspot.co.id/2016/11/aplikasi-dapodik-paud-dikmas-terbaru.html
Tanggal artikel : 20 November 2016

Apa sih Dapodikmas itu ???

Sobat Operator, pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai Aplikasi Dapodik Paud Dikmas Terbaru. Perlu diketahui bahwa, dalam pendataan Dapodik Paud Dikmas harus menggunakan versi Terbaru sesuai yang dirilis Kemendikbud.

Sebelum membahas jauh kesana, Apa Sih sebenarnya Aplikasi Dapodik Paud Dikmas itu? Aplikasi Dapodik PAUD Dikmas adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk melakukan penjaringan Data Pokok Pendidikan Usia Dini, Non Informal dan Informal–Pendidikan Masyarakat yang selanjutnya nanti disingkat dengan PAUD-DIKMAS yang terintegrasi sehingga dapat digunakan oleh entitas lembaga pemerintahan di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Jadi Aplikas Dapodik Paud Dikmas ini, menjadi aplikasi yang berisikan data peserta didik Usia Dini. Mulai dari Nama Lengkap, Tempat Tanggal Lahir, Orang Tua sampai dengan pemberian NISN kepada mereka. Melalui aplikasi ini nantinya diharapkan pendataan siswa sudah bisa dimulai dari jenjang Pendidikan Paud-Dikmas. Sehingga pada jenjang pendidikan berikutnya, sekolah hanya perlu menarik data dari sekolah sebelumnya tanpa harus menginput data satu per satu kembali.

Lantas, apa sih sebenarnya manfaat dari Aplikasi Dapodik Paud Dikmas itu, tentu sebagai aplikasi yang dibuat dalam skala nasional Aplikasi Dapodik Paud Dikmas ini memiliki banyak sekali manfaat, terutama bagi pendataan peserta didik. Siswa pada jenjang Pendidikan Anak Usia Dini akan terdata secara nasional.

Secara khusus ada beberapa manfaat Aplikasi Dapodik Paud Dikmas, di antaranya adalah sebagai berikut:
1.    Sebagai Aplikasi Pendataan pendidikan mulai tingkat Anak Usia Dini
2.  Sebagai alat untuk mengetahui tingkat perkembangan anak yang bersekolah di tingkat Paud-Dikmas
3.    Sebagai bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan strategis terkait pendidikan

Lalu, siapakah yang berperan dalam Aplikasi Dapodik Paud Dimas itu? Secara umum Aplikasi Dapodik Paud Dikmas menjadi tanggungjawab bersama. Mulai dari Kepala Lembaga, PTK hingga Operator, mempunyai perannya masing-masing. Sehingga semua pihak yang berada di lembaga Paud Dikmas harus sama-sama berperan. 
Berikut ini adalah peran-peran tersebut :
1. Peran Kepala Lembaga adalah sebagai pembagi guru mengajar disetiap rombel (roaster), mengawasi operator lembaga dalam pengisian aplikasi.
2.  Peran PTK adalah selain sebagai pengajar dan pelaksana, juga bertugas untuk mengisi formulir individual PTK dan mengecek kebenaran dan kelengkapan data individu yang dientri olehoperator.
3.  Peran Peserta Didik adalah mengisi formulir Peserta Didik dimana formulir diserahkan kepada orang tua untuk diisi secaralengkap.
4.    Peran Operator Lembaga adalah:
a. Menyebarkan formulir pendataan kepada Lembaga, PTK, dan Peserta Didik dalam rangka mendapatkan data untuk dientri kedalam aplikasi.
b.    Mengentri data sesuai dengan data yang terisi di formulir pendataan.
c.    Mengirim data ke server melalui aplikasi

Hal ini sangat penting, mengingat Aplikasi Dapodik Paud Dikmas Terbaru berhubungan dengan Perhitungan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) Paud, Tunjangan Profesi Guru paud sampai dengan pemberian NISN untuk peserta didik mulai dari jenjang TK-A dan TK-B. Melihat hal ini tentu anda sudah mengerti betapa pentingnya Aplikasi Dapodik Paud Dikmas bagi lembaga pendidikan dan PTK.

Jika anda tidak melakukan update ke Aplikasi Dapodik Paud Dikmas Terbaru yaitu versi 3.0 maka data anda tidak bisa diterima dengan baik oleh server pusat. Sebab sesuai dengan aturan, data Dapodik itu diambil melalui Aplikasi terbaru yang dirilis resmi oleh Operator Aplikasi Dapodik Paud Dikmas Pusat dari Kemendikbud.

Maka dari itu, seorang operator Dapodik Paud Dikmas, harus selalu tahu perkembangan informasi mengenai Aplikasi Dapodik ini. Hal ini sangat penting mengingat segala macam informasi saat ini diumumkan melalui website. Sehingga dibutuhkan sikap pro aktif dari para operator dapodik agar ia tak ketinggalan informasi yang bisa merugikan dirinya dan lembaga PAUD yang dikelola.